Ragam Model dan Fungsi Jaket Outdoor

Jaket outdoor adalah salah satu kebutuhan terpenting para pecinta alam, termasuk celana pdl, sepatu, sandal gunung, dan lainnya. Dengan kebutuhan tersebut, akhirnya menjadi bagian dari fashionnya sang petualang. Bagi kita yang baru mengenal dunia alam liar, dan ingin berpetualang ke hutan, gunung, ataupun alam liar lainnya, pasti harus memerlukan jaket khusus tersebut. Apalagi sekarang ini di Indonesia yang kaya dengan beragam rupa alamnya sedang menawarkan banyak pengalaman menarik dari sisi alam yang selama ini belum diketahui masyarakat Indonesia. Saya jadi teringat pernah naik gunung sekali. Itupun gunung yang tidak perlu trekking begitu susah hanya cuacanya dingin sekali. Saat itu saya tidak persiapan jaket dan sandal yang tepat sama sekali. Alhasil pas mau naik saya harus mencari penyewaan jaket demi menutup tubuh saya kurus ini.

DSCF0512

Disini saya sedikit ingin berbagi beberapa informasi yang mungkin cocok untuk kita sebagai petualang baru, berisi tentang ragam model dan fungsi jaket yang banyak dipakai para pecinta alam. Sehingga ketika hendak membeli jaket gunung yang disukai, setidaknya bisa memprediksi mana yang cocok untuk berpetualang ke suatu tempat tertentu.

  • Model nordic
    Model ini memiliki ciri khas yang simple, biasanya jaket ini batasnya hanya sampai pada bagian leher. Berbahan tipis dan ringan, cocok untuk perjalanan petualangan ke beberapa daerah tropis dan tidak memiliki kecenderungan medan tempur yang ekstrim.
    .
  • Model touring
    Model jaket yang memiliki keunggulan dari segi kantong yang banyak, dan berbahan anti angin dan anti air, sangat cocok untuk berpergian dalam petualangan dengan kendaraan. Desain jaket ini menutup seluruh leher dan ada katup kepala agar tidak kehujanan. Model ini ada yang bisa lepas karena sengaja dibuat resleting, ada pula yang dibuat paten. Sangat ringan, tipis, tetapi membuat badan tetap hangat.
    .
  • Model alpine
    Model yang satu ini adalah model yang paling sering digunakan oleh para pecinta alam ketika berpetualangan ke hutan belantara. Karena bahan ini memiliki furing pada bagian dalamnya, sehingga terasa lebih hangat untuk cuaca dingin. Kemudian bagian luarnya yang anti air, sehingga dapat membantu suhu badan kita tetap stabil walau dalam keadaan hujan seperti apapun. Desain jaket ini dibuat sampai kepada bagian leher yang tertutup, kemudian katup kepalanya menutup hingga ke bagian pipi si pemakai. Kantong pada model ini lebih banyak dari model touring karena bisa ditambah kantong anti air pada bagian dalamnya juga.
    .
  • Model mountaineering
    Model jaket outdoor yang paling disukai ketika digunakan untuk kegiatan dengan cuaca ekstrim, karena ketebalannya membuat si pemakai menjadi sangat nyaman dan hangat. Pada model ini ada banyak jenis bahan yang menyebabkan ketebalan jaket tersebut bisa menghangatkan tubuh Anda. Salah satunya adalah bulu angsa, jadi bahan dasar pada bagian dalam jaket ini di pasang bulu angsa hingga ke seluruh bagian, sehingga ketika cuaca dingin yang ekstrim membantu Anda selalu stabil suhu tubuhnya. Kemudian pada bagian luar jaket ditambah beberapa bahan bulu domba untuk membantu menghangatkan muka serta leher si pemakai.

Demikian ragam model dan fungsinya jaket outdoor sehingga sudah tidak perlu khawatir akan segala macam medan tempur petualangan alam manapun. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat sebagai informasi tambahan bagi yang membutuhkannya apalagi bagi kita-kita yang suka dengan traveling ke gunung.

Regards,

sans-sign

DSCF0512

19 comments on “Ragam Model dan Fungsi Jaket Outdoor

  1. Kalau saya malah tahunya cuma dua, jaket buat naik motor, jaket buat di kantor yang model semi jas yang formal….kan kadang dingin tuh AC nya di kantor, sampai mau ngetik saja jari jari terasa kaku…

  2. kebanyakan jaket outdoor, rata – rata harganya lumayan mahal sieh mbak,,, model yang terakhir ituloh, enak di pakai dan hangat,,,, bisa menghangatkan tubuh, nyenyak tidur akhirnya 🙂

  3. Aku punya satu jaket outdoor yang windproof dan waterproof, terus dalemnya juga ada jaket bahan fleece yang bisa dilepas dari jaket utama. Selain buat outdoor, jaket beginian juga cocok banget untuk Winter apalagi di tempat yang basah kayak Belanda. Aku ga punya Winter coat tapi bisa survive tiap hari dengan jaket outdoor ini…

Leave your footprint here ... :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: