Kiat Mereview Buku

Sesungguhnya post ini ada bukan karena saya telah mereview banyak buku. Post ini ada untuk menjadi pengingat bagi saya bagaimana saya akan mengulas buku-buku yang telah saya baca sendiri. Saya sedang mencoba memasuki ranah ini. Saya sedang kilas balik ke diri saya beberapa tahun yang silam yang sangat suka membaca namun hampir pudar di makan waktu. Sekarang saatnya saya bangkit melihat dunia melalui rangkaian kata dan ingin membagikan pandangan pribadi saya atas buku-buku yang “sebisanya” saya baca.

Kalau ngomongin TBR, jangan ditanya jika buku-buku fisik dan buku-buku elektronik dikumpulkan mungkin dalam bentuk fisiknya ada satu rak setinggi dua kali tinggi badan saya, selebar rentangan tangan saya, dua bersaf buku. Mungkinkah saya membacanya dalam satu tahun tanpa menambahkannya? Rasanya tidak mungkin. Ketika ada buku baru yang saya tertarik pasti saya langsung membelinya walaupun kebanyakan disimpan. Ya, tapi tak apalah, saya sedang membuat dunia perpustakaan saya sendiri sebagai bekal untuk anak-anak saya kelak.

Terus apa yang kira-kira akan saya buat dalam review buku-buku yang saya baca? Berikut langkah-langkah versi saya sendiri.

Pertama ya pastinya membaca satu buku hingga tuntas tanpa lupa menandai bagian-bagian penting (quote) dari buku. Dulu saya selalu menandai buku fisik dengan melipat lipat ujung buku. Kok kayaknya sekarang saya rasa sayang ya buku dilipat-lipat. Kedepannya saya akan menggunakan post-it post-it pendek warna-warni yang akan menjadi penanda buku. Kalau untuk ebook pastilah memanfaatkan menu “Bookmark” dan “Highlight”.

Kedua, setelah selesai membaca langsung dituangkan dalam blog dengan urutan (walau nggak baku):

  1. Judul Post Blog berisi tanda [Review Buku] untuk buku fisik Indonesia / terjemahan, atau [Review e-Book] untuk buku elektronik Indonesia / terjemahan, atau [Book Review] untuk buku fisik impor, atau [e-Book Review] untuk buku elektronik impor.
  2. Gambar Cover Buku (diambil dari goodreads) diikuti dengan Judul, Penulis, Penerbit, Tahun Terbit, Tebal buku, ISBN, Rating dari pribadi saya, Tanggal mulai baca, dan Tanggal selesai baca.
  3. Isi Review:
    • Memasukkan Quote dari prolog buku / bab 1,
    • Sedikit menjelaskan buku ini jenis buku apa, fiksi / non fiksi, dengan genre apa, dan target untuk siapa,
    • Memasukkan Quote dari bab awal buku,
    • Memberikan beberapa sinopsis singkat isi buku yang ada di awal-awal seperti pengenalan tokoh (siapa aja yang terlibat dalam buku) dan alur awal cerita,
    • Memasukkan Quote dari klimaks buku,
    • Memberikan sedikit alur yang membawa klimaks cerita,
    • Memasukkan Quote penutup buku,
    • Memberikan pertanyaan apa yang menjadi akhir buku dan yang menjadi anti klimaksnya,
    • Menceritakan pandangan pribadi tentang buku ini dilihat dari pemilihan tokoh, karakter tokoh, dan alur cerita,
    • Menceritakan beberapa pandangan singkat reviewer lain dari goodreads atau dari beberapa situs penjualan buku,
    • Menceritakan latar belakang kisah ini dari pandangan penulis dan penerbitnya (kalau ketemu),
    • Diselipkan beberapa gambar dari buku tersebut.

Ini siyh bukan struktur yang baku. Ini hanyalah panduan awal buat saya pribadi supaya punya ritme sendiri dalam mereview buku dan tidak terbengong-bengong saat mau mulai nulis di blog ini. Kalau ada update pasti diupdate juga. Saya juga terima beberapa masukan mengenai review buku ini. Berharap siyh tidak memberikan spoiler-spoiler buat pembacanya. Tapi sempat terpikir juga siyh membuat post yang memang isinya spoiler dan berpassword, yang ingin membacanya akan saya beri password. Tapi itu nanti dulu deh, yang ini aja belum mulai udah ada aja angan-angan lain. Hahaha.

Regards,

follow us in feedly

Leave your footprint here ... :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: