Sebagai seorang blogger buku, saya senang sekali kalau berjalan-jalan di blog ataupun di instagram yang berbicara mengenai buku. Saya seperti masuk ke negeri dongeng yang dipenuhi dengan buku sejauh mata saya memandang dan karakter-karakter uniknya. Nah ini ada satu blogger lagi yang rupanya seorang pecinta buku. Asri Rahayu adalah pemilik rumah maya berjudul My Scrap Book dan Peek a Book. Tidak tanggung-tanggung, dua blog langsung digarapnya. Blog pertama merupakan blog lifestyle dan blog kedua khusus terkait dengan buku. Yuk kita intip kedua rumah tersebut dan berkenalan dengan yang empunya rumah.

 

Siapa Asri Rahayu?

Menurut penjabarannya di dalam laman “About Me“, Asri-begitu nama panggilannya-adalah seorang Lifestyle Blogger yang sehari-harinya sebagai Outsourcing di sebuah perusahaan di kota Jogja (oot… Wuihh Jogja!! Dulu adalah cita-cita saya tinggal dan bekerja disana). Dibalik kepadatannya yang habis untuk bekerja, Asri mengelola dua blognya dengan sangat apik beserta update rutin di media sosial miliknya sendiri. Yang menarik dari keberadaannya di rumah maya ini adalah, ia menyebut dirinya sebagai Princess. Semua branding tentang dirinya disimbolisasi kan dengan princess. Justru ini yang membuat saya tertarik dan selalu teringat-ingat sosok blogger satu ini ketika ingin bermain-main di dunia maya.

blogger jogja

Yang Menarik dari My Scrap Book

Layaknya blog lifestyle kebanyakan, Blogger Jogja yang satu ini mengkhususkan blog ini berisi keseharian hidupnya. Bisa dibilang blog yang satu ini seperti buku diari terbuka dari seorang pribadi Asri Rahayu. Segala macam jenis curhatan hingga review produk super serius ada di dalam blog ini. Walau begitu, Asri tidak membiarkan rumah ini amburadul. Di beberapa hari tertentu, ada topik-topik khusus yang dibahas disini.

Setiap Selasa dan Sabtu selalu ada rubrik “Ngobrol Bareng”. Rubrik ini berisi obrolan cantik ala Asri Rahayu dengan beberapa blogger ternama.  Setiap Rabu rubrik Rabu Merindu tayang sebagai proyek kerjasama dengan Intan Novriza Kamala Sari pemilik blog inokari[dot]com. Rubik ini mengulas apa saja yang ingin dibicarakan oleh mereka, sejenis proyek curcolan. Setiap hari Minggu, dua minggu sekali, ada rubik Tastylicious yang juga merupakan proyek kerjasama dengan afifahmazaya[dot]com dan inokari[dot]com. Nah yang ini menggugah selera, karena berisi tentang makanan… Hufff.. saya tergoda XD.

lifestyle blogger

 

Yang Menarik dari Blog Buku Peek a Book

Saya salut dengan konsistensi Asri yang sembari bekerja tetap bisa menulis bahkan bisa sering mereview buku. Asri benar-benar mendedikasikan dirinya sebagai seorang Blogger Buku. Saya tidak pernah terbayangkan bagaimana saya dapat membagi waktu saya untuk harus bekerja, posting rutin di blog lifestyle, lalu membaca buku, kemudian mereview buku tersebut di blognya sendiri secara rutin, ditambah lagi harus mengadakan blogtour untuk buku, lalu masih melakukan diskusi buku di twitter. Namun terlihat Asri bisa melakukannya walau dengan perjuangan. Walau begitu isi review buku yang ditampilkan di blog bukunya pun bukan review abal-abal (kayak saya XD).

Sebagai blogger buku, Asri tidak hanya melulu menulis review tentang buku yang dibacanya. Sekali waktu ia mengadakan bincang santai dengan penulis-penulis dari beberapa buku yang direviewnya. Tulisannya ditulis dalam rubrik Bincang Santai setiap hari Rabu. Ia juga mengadakan selasa bercerita sebagai proyek kerjasama dengan ketimpukbuku[dot]com, theladybooks[dot]com, dan ladistances[dot]blogspot[dot]co[dot]id. Rubrik yang diberi tajuk Selasa Bercerita ini hadir setiap hari selasa dan membahas segala sesuatu yang dilakukan blogger buku atau hal-hal yang berkaitan dengan namun tidak sedang mereview buku. Ia juga mengadakan monthly giveaway yang diberi tajuk Free Care Day. Ini adalah proyek kerjasama sebulan sekali (tayang pada hari Jumat) dengan ketimpukbuku[dot]com, theladybooks[dot]com, dan pelahapkata[dot]wordpress[dot]com.

blogger buku

 

User Friendly Theme

Nahh kannn, rubriknya banyak banget dan terus berkala. Sudah pasti nulisnya pun konsisten. Apalagi blog bukunya selalu update dengan buku-buku baru terbit. Saya betah berlama-lama walau tidak pernah meninggalkan komentar. Theme blognya pun friendly untuk dibaca, enak dipandang mata, dan bagi saya saat membuka tidak terlalu berat. Jadi bisa makin betah membaca review buku dari Asri. Kalau lebih jauh mengulik bukunya, makin banyak ditakjubkan dengan berbagai challenge membaca yang diikutinya. Ahhh, saya merasa jadi mamak-mamak yang kurang membaca :’D.

Yuk berkenalana lebih jauh dengan Princess yang gemar membaca buku di beragam social media yang dimilikinya:

 

 

Regards,

 

Leave your footprint here ... :)

%d bloggers like this: