Halo semuanya!!! Kangen nggak sama saya? 😀 Setelah sekian lama akhirnya saya nongol lagi di rumah maya ini. Sejak terakhir kali saya posting banyak hal yang sedang saya lakukan sehingga blog ini terkesan terbengkalai. Dalam dua bulan ini memang saya ingin mengubah semua image terhadap blog ini dan juga mengerucutkan poin-poin tulisan. Mengapa? Karena saya sedang membangun usaha. Usaha yang bergerak di penjualan  buku dan juga Book Subscription Box. Perihal ini saya jadi merombak beberapa hal tentang saya dan keterlibatan saya di dunia maya. Berikut beberapa hal yang saya lakukan:

  1. Fokus terhadap akun instagram saja. Saya punya tiga akun saat ini. Yang pertama adalah akun @sandrinetungka yang berisi postingan bookstagram dan beberapa postingan general dan terkait kegiatan blogging. Yang kedua adalah akun @thehariyantos, akun terkunci yang saya khususkan untuk share kegiatan keluarga saya. Dan terakhir akun @sanwalibrary, yang merupakan toko buku online yang saya sebut diatas. Walau begitu Facebook, Twitter, Path, dan akun sosial media lainnya tidak saya tutup namun saya batasi penggunaannya (bahkan sudah jarang saya buka).
  2. Mengganti theme blog dengan tema ber-layout news dan memindahkan isi sanwalibrary[dot]com. Kesannya blog ini jadi gado-gado karena semuanya ada. Namun kedepannya saya memprioritaskan untuk mengisinya dengan blog buku dan hal-hal terkait traveling dan sejenisnya, walau tetap menerima beberapa tawaran job review.
  3. Web sanwalibrary[dot]com didalam perjalanannya kedepan akan berubah menjadi portal e-commerce untuk jualan buku saya. Namun itu masih kurang lebih 1 ~ 2 tahun kedepan lah.
  4. Fokus membaca banyak buku seperti sediakala!!

Target Membaca

Saya ingin highlight sedikit poin yang di nomor 4. Salah satu alasan saya membuka bookstore online adalah saya ingin mengembalikan minat baca dan blogging saya setelah lama mati suri. Memang dengan adanya kehadiran seorang bayi dan saya masih bekerja kantoran, rasanya tidak mudah mengambil waktu untuk membaca dan mengetik. Namun saya mencoba niatkan sejak November 2016.

Setelah kurang lebih dua bulan, sedikit demi sedikit minat membaca saya bertambah. Namun memang banyak yang dikorbankan seperti saya tidak pernah lagi nonton TV (sama sekali!! XD), tidak pernah lagi nonton film di laptop (kecuali nonton bioskop saja), mengurangi belanja random kecuali benar-benar perlu, dan lain sebagainnya. Selama dua bulan ini, hari-hari saya berisi dengan mengurus keluarga, kerja kantoran, membaca, mulai aktif blogging kembali, dan merintis usaha toko buku tersebut.

Di awal tahun 2017 ini, saya menantang diri saya sendiri untuk dapat membaca 24 buku dalam satu tahun (bisa di cek di akun goodreads saya). Kurang lebih target sebulan saya harus membaca minimal dua buku. Sejauh ini, saya sudah mencapai target Januari 2017 untuk membaca 2 buku lowh bahkan sedang progress buku ketiga namun baru 10%.

Fokus Membaca

Bagi saya tahun 2017 adalah tahun untuk membangun minat membaca saya secara pribadi. Saya ingin dengan kegiatan ini bisa mengajarkan kepada anak saya, walaupun masih bayi, bahwa buku itu bukan barang sulit dan bukan barang menakutkan. Buku harusnya bisa menjadi salah satu teman untuk mengembangkan ilmu apapun jenis bukunya. Untuk mencapai tantangan ini pula saya pun menantang untuk paling tidak posting satu foto yang bertema buku di instagram dalam sehari. Walaupun hanya pakai gadget paling tidak hasilnya nggak malu-maluin. Masih banyak yang perlu di poles siyh tapi saya bisa puas lah dengan hasil foto saya sendiri (wekekekek). Sebagai informasi saya hanya menggunakan iPhone 5S yang masih banyak dijual dipasaran (klik jika ingin tahu harga iPhone 5S terbaru). Saya pun terus meniatkan diri saya untuk menjadi bookstagrammer sejati seperti beberapa akun yang saya ikuti diiringi sebagai seorang book reviewer di blog sendiri.

Bagaimana denganmu? Seberapa banyak anda ingin membaca di tahun 2017 ini?

Regards,

membaca

One thought on “Tahun Baru Banyak Membaca”

Leave your footprint here ... :)

%d bloggers like this: