Sebagai ibu “baru” saya kerap kali dibingungkan tentang bagaimana parenting yang baik dan benar. Sungguh tidak mudah juga bagi saya yang sudah terbiasa melakukan segala sesuatu untuk diri sendiri namun suatu saat saya perlu mengasuh dua orang lain selain diri saya sendiri yaitu suami dan anak saya. Untuk melengkapi diri saya dengan teknik pengasuhan yang baik, terkhususnya terhadap anak, saya kerap mencari jawabannya melalui kawan kita sehari-hari yaitu mbah google. Jawaban itu tidak hanya saya dapatkan dari artikel parenting khusus namun bisa saya dapatkan dari para blogger kece yang sering membagikan tips parenting.

Salah satu blogger tersebut bernama Ety Abdoel. Ia senang membagi beberapa tips tentang dunia parenting. Sebelum saya lebih lanjut apa saja yang saya dapatkan dari ilmu parenting yang di miliki mba Ety, saya ingin kita berkenalan dahulu dengan sosok yang menulisnya.

Ety Abdoel adalah seorang pemilik blog www.etyabdoel.com yang menyematkan dirinya sebagai Mom Blogger, Blogger Solo, dan Working from Home Mom. Jelas dari kata “mom” bahwa beliau adalah seorang ibu dari dua orang anak-anak cantik yang sudah mulai beranjak besar. Kesibukannya mengurus rumah tangga tidak menghalanginya untuk terus aktif dalam dunia tulis menulis yang disalurkannya lewat blog. Di dalam blog yang di beri judul “My Journal” mba Ety banyak mengisahkan tentang kehidupan pribadi bersama keluarga dan rekan-rekan yang ditemuinya dari dunia maya ini. Ingin lebih jelas tentang mba Ety, silahkan intip halaman About Me dari My Journal miliknya.

mom blogger

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah beberapa tips parenting yang bisa di contoh terutama bagi ibu muda seperti saya.

1. Anda Ibu Bekerja Seperti Saya? Ikuti Tips Berikut

Sebagai ibu bekerja bukanlah hal yang mudah untuk juga mengurus rumah tangga. Rasa-rasanya waktu sehari itu tidaklah cukup. Saya siyh memang masih tinggal dengan ibu mertua dan belum punya dapur sendiri, namun rasanya tetap saja seperti ibu-ibu lain yang kekurangan waktu. Keliatannya kerja di kantor tidak ada habisnya. Di rumah pun kamar sepetak saja rasanya kotor sekali sanking susah mencari waktu untuk membereskan seisi ruangan. Belum lagi di kantor Menurut tips dari mba Ety yang didapatkannya dari teman sesama blogger, Manajemen Waktu adalah kuncinya. Yup, saya sedang melakukan ini. Setiap pekerjaan saya detailkan secara rinci apa saja yang harus saya lakukan dalam sehari. Tips lain yang dibagikan adalah perlunya Me Time, cari bantuan di kala memang kita sudah tidak sanggup mengerjakan semuanya, tetap tenang menghadapi segala hal yang dihadapi, dan selalu bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai ibu.

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Mengatasi Masalah yang Kerap Dialami Ibu Bekerja

2. Gunanya Membaca

Masing-masing “rumah” bertanggung jawab untuk membangun minat membaca bagi anak. Saya yang sangat mencintai membaca ini pun mempunyai harapan bahwa anak saya kelak ketika dewasa juga mencintai kegiatan yang satu ini bukan sebagai hobi namun sebagai kebutuhan. Namun kalau dari saya sendiri sudah tidak konsisten dalam membaca bagaimana saya bisa menjadi contoh bagi keturunan saya sendiri. Mba Ety sedikit membagi reportase nya ketika mendapatkan kesempatan untuk mendengar share dari mba Najwa Shihab sebagai duta membaca. Kebiasaan membaca yang baik bisa menularkan kepada anak-anak kita ketika kita sendiri paham manfaat dari kegiatan itu sendiri. Yuk mari kita mulai membaca dan menantang diri kita sendiri paling tidak ada satu buku yang bisa kita baca dalam satu bulan.

Baca juga: Membaca di Mata Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia 2016

3. Peran Ayah Bagi Keluarga

Menjadi orang tua yang baik bukanlah peran ibu semata. Ayah pun memiliki peran yang besar bagi tumbuh kembang anak. Terkadang kita terlalu mengotak-kotakkan bahwa peran ayah hanyalah mencari nafkah untuk keluarga sedangkan ibu yang membesarkan. Bagi saya itu salah besar. Ketika memilih untuk berumah tangga, laki-laki dan perempuan ini harus siap untuk membesarkan anak bersama-sama dan memberikan bekal yang baik untuk masa depannya. Mba Ety membagi ada 9 tips untuk menjadi seorang ayah yang menyenangkan untuk anaknya sendiri. Dari sembilan tips tersebut saya paling terenyuh tentang masalah kehadiran. Seorang ayah yang baik adalah seorang ayah yang selalu ada ketika anaknya membutuhkan. Ini pun pada akhirnya menjadi pembelajaran tersendiri buat saya yang bekerja. Perlu ada prioritas bahwa kehadiran kita bagi anak-anak adalah yang utama.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Ayah yang Menyenangkan

.

Dari tiga artikel ini saya belajar banyak tentang artinya parenting dari mba Ety. Sesungguhnya masih banyak artikel lain yang ditulis mba Ety dan semuanya bermanfaat. Kita bisa membacanya di kategori Family/Parenting milik blog dari mba Ety. Yuk segera dikunjungi rumah maya dari mba Ety. Pastinya tidak akan menyesal 🙂

.

Regards,

sans-sign

parenting

Leave your footprint here ... :)

%d bloggers like this: