Kegiatan bersepeda adalah kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Bahkan banyak perkantoran di Jakarta yang sekarang mulai menggalakkan transportasi sepeda untuk para karyawannya demi alasan kesehatan dan lingkungan. Kalau Anda termasuk salah satu dari karyawan di perkantoran tersebut, sudahkah Anda memiliki sepeda yang mumpuni? Kalau belum, Anda bisa melihat daftar toko sepeda Jakarta yang akan dijabarkan nanti di bawah.

Sebelum mengunjungi toko-toko sepeda tersebut, Anda harus tahu bahwa memilih sepeda bukanlah hal gampang. Belum tentu sepeda yang terlihat keren cocok dengan Anda. Apalagi sepeda berkualitas itu harganya tidak murah. Kalau Anda mau mencari yang biasa saja, harganya memang beragam. Tapi menimbang bahwa Anda akan sering menghadapi medan jalanan yang cukup menantang, sebaiknya sekalian beli yang bagus.

Makanya, mumpung Anda belum sampai ke salah satu dari toko sepeda Jakarta yang akan direkomendasikan, sebaiknya perhatikan dulu tips membeli sepeda berikut:

1.    Ketahui kondisi jalanan yang rutin dilalui

Tipe sepeda ada banyak, dari sepeda lintas alam, sepeda gunung, sepeda lipat, dan lain-lain. Kalau Anda tahu kondisi jalan yang bakal sering dilalui, Anda jadi tahu kira-kira jenis sepeda mana yang paling pas.

2. Budgetnya

Seperti yang ditulis di atas, harga sepeda itu tidakmurah, bisa sampai puluhan juta. Jadi tentukan dulu batas budget yang bersedia Anda keluarkan. Cari referensi sebanyak mungkin.

3. Pilih full suspension atau hard-tail

Sepeda hard-tail adalah sepeda ringan, enak dikayuh, dengan suspensi hanya di depan, dan cocok buat pemula. Sementara full suspension ada suspensi di depan belakang, agak berat buat mengayuh, tapi juga nyaman dan stabil. Kalau memilih sepeda bermerk, full suspension yang dimiliki sudah lebih ringan.

4. Kelengkapan komponen dan fitur

Kalau Anda masih pemula, sepeda dengan fitur dan komponen standar sudah lebih dari cukup. Apalagi hanya dipakai bersepeda ke kantor dan bukan lintas alam.

.

Sedangkan kalau Anda membeli di toko, perhatikan dulu bagian ini:

  • Spesialisasi toko – karena ada toko yang memang khusus menjual sepeda low-end sampai mid-end, atau high-end dengan gear yang lengkap. Pilih yang paling cocok.
  • Reputasi toko – terutama soal kualitas sepeda, keaslian merk, kelengkapan sparepart, dan juga pelayanannya.
  • After sales service – pastikan juga toko yang Anda kunjungi memberikan after sales service bagus, seperti rekomendasi part, cara perawatan sepeda, dll.
  • Diskon – kalau toko tersebut menawarkan diskon, lumayan untuk menghemat dana, bukan?

.

Bagaimana kalau ternyata toko sepeda tersebut tak memberikan diskon ataupun harganya ternyata terlalu tinggi buat Anda? Perhatikan dulu tips ini:

  • Pertama, kenali dulu harga pasaran sepeda yang diincar, apalagi kalau Anda sudah tahu merknya. Ini akan memberikan Anda kekuatan untuk menawar.
  • Cetak atau foto bukti harga sepeda yang lebih murah, sehingga Anda bisa sewaktu-waktu menunjukkannya kepada penjual.
  • Berikan tawaran yang masuk akal, sekitar 5-10%.
  • Berikan alasan supaya penjual menurunkan harganya, misalnya cacat kecil atau tambahan aksesoris yang kurang lengkap.
  • Tetap pertahankan sikap ramah dan terbuka, tapi tetap membujuk. Jangan sekali-kali menghina penjual.

.

Biasanya, dengan sedikit kesabaran dan juga kelihaian dalam memperhatikan situasi harga pasar dan juga kondisi sepeda yang Anda incar, Anda bisa membujuk pemilik banyak toko sepeda Jakarta untuk memberikan harga yang lebih murah. Atau setidaknya, Anda bisa membujuk mereka untuk memberikan Anda aksesoris maupun layanan tambahan yang memberikan Anda keuntungan lebih.

Untuk saat ini, jenis sepeda yang sedang populer adalah sepeda gunung. Sepeda ini cocok dengan medan jalan di Indonesia yang berkontur tidak beraturan. Merk sepeda gunung yang sedang populer adalah sepeda gunung polygon. Yuk, bersepeda!!

Pic. courtesy of http://www.polygonbikes.com/
Pic. courtesy of http://www.polygonbikes.com/

Regards,

sans-sign

toko sepeda

Leave your footprint here ... :)

%d bloggers like this: