Jika berbicara mengenai Bekasi, rasanya nama kota ini sudah tidak asing lagi di telinga. Salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat ini memang sempat booming namanya di kalangan masyarakat terutama netizen. Daerah Bekasi merupakan daerah yang cukup padat, dimana Kota Bekasi sendiri mendapat julukan sebagai Kota Industri. Hal ini dapat dibuktikan sendiri apabila Anda mengunjungi langsung kota ini.

Image Kota Bekasi sebagai Kota Industri menjadikan kota ini sebagai pusat bisnis yang cukup sibuk. Jika Anda memiliki kegiatan bisnis di kota ini, Bekasi memiliki banyak sekali hotel yang bisa mendukung kegiatan bisnis Anda. Cara mencari hotel di Bekasi pun sangat mudah, Anda hanya perlu cari hotel menggunakan Traveloka dengan keyword Bekasi (sebagai  kota tujuan), kemudian Anda akan menemukan banyak hotel yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Meskipun dikatakan sebagai Kota Industri dan salah satu pusat bisnis, jangan kira Anda tidak dapat menemukan tempat wisata di kota ini. Bekasi memiliki cukup banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Bekasi :

.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Sesuai dengan namanya, Taman Buaya Indonesia Jaya adalah sebuah tempat penangkarang buaya yang juga dijadikan sebagai sarana rekreasi. Taman ini berlokasi di Cibarusah, Serang Baru, Bekasi.

taman buaya
Pic. courtesy of http://storydevi.blogspot.com

Meskipun tidak cukup terkenal, nyatanya tempat ini merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di Indonesia lho. Penangkaran ini memiliki setidaknya 500 buaya dalam berbagai jenis. Sebagian besar merupakan Buaya Sumatera, lalu sebagian lainnya adalah Buaya Muara, Buaya Kalimantan, Buaya Irian, Buaya Albino, Buaya Buntung, dan lain – lain.

Tidak seperti di kebun binatang, di sini untuk melihat buaya secara langsung pun sangat mudah. Karena jarak dari pagar dan sarang buaya hanya sekitar satu meter saja, dengan tinggi pagar sekitar 1,5 meter demi keselamatan pengunjung. Jika berkunjung pada hari minggu Anda pun dapat melihat berbagai atraksi, seperti bermain-main dengan buaya (atraksi joko tingkir), atraksi debus, dan lain-lain.

taman buaya 2
Pic. courtesy of http://lewatmana.com

.

Wisata Rumah Pohon

Bukan hanya taman buaya saja yang bisa menjadi pilihan wisata keluarga di Bekasi, namun Wisata Rumah Pohon juga patut menjadi pilihan. Tempat wisata yang berada di Jalan Parpostel – Jati Asih ini bukan hanya menyuguhkan keasrian alam saja, melainkan juga menyediakan berbagai wahana outbond.

Beberapa wahana outbond seru yang bisa Anda nikmati seperti flying fox, wall climbing, labirin, tali pentagon, point ball, arena ATV, menangkap ikan, dan kegiatan lain seperti ice breaking, memancing, dan lain – lain.

wisata rumah pohon
Pic. courtesy of http://wisatakuliner09.blogspot.co.id

.

Gedung Juang 45

Jika ingin berwisata sejarah di Bekasi, maka Gedung Juang 45 adalah salah satu pilihannya. Mungkin Gedung Juang yang paling Anda kenal adalah yang berada di daerah Menteng, namun ternyata beberapa daerah juga memiliki gedung juang tak terkecuali Bekasi. Gedung Juang 45 Bekasi berada di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, tepatnya di Jalan Sultan Hasanudin nomor 5.

Gedung ini dulunya bernama gedung tinggi. Nampaknya gedung ini menyimpan banyak sejarah mengenai perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah, seperti yang terlukis dalam puisi Chairil Anwar yang berjudul Karawang-Bekasi. Meskipun gedung ini masih dijadikan sebagai gedung pemerintahan, namun Anda tetap bisa menikmati wisata sejarah di gedung ini.

Pic. courtesy of http://wisataku.id
Pic. courtesy of http://wisataku.id

.

Danau Marakas

Bekasi juga memiliki danau yaitu Danau Marakas dan Danau Cibeurum. Danau Marakas adalah sebuah danau buatan yang dibuat oleh sebuah pengembang di daerah Bekasi Utara. Pihak pengembang membuat danau ini bertujuan sebagai tempat penampungan air dan sarana rekreasi. Anda dapat memancing ataupun berburu kuliner di tempat ini, karena disekitaran danau banyak terdapat penjaja makanan.

danau marakas
Pic. courtesy of http://tempatwisataseru.com

.

Danau Cibeurum

Selain Danau Marakas, terdapat pula Danau Cibeurum yang terletak di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Menurut informasi, danau ini dulunya memiliki luas sekitar 38 hektar yang digunakan sebagai penopang hidup masyarakat sekitarnya. Danau ini dulu digunakan untuk irigasi pertanian, mencari ikan, atau kangkung air, namun kini luasnya hanya sekitar 2 hektar saja akibat pembangunan sebuah developer elit.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di danau ini selain menikmati suasana adalah memancing, karena  di danau ini terdapat beberapa ikan seperti ikan gabus, mujair, tawes, keting, dan lain-lain.  Anda dapat melihat  sebuah gundukan tanah unik di tengah danau, yang menyerupai sebuah pulau di tengah danau.

danau cibereum
Pic. courtesy of http://jakarta.panduanwisata.id

.

Pantai Muara Beting

Pantai yang bisa Anda nikmati di Bekasi adalah Pantai Muara Beting yang terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengobati kerinduan terhadap keindahan laut. Karakteristik pasir di pantai ini bewarna putih kecoklatan dengan bibir pantai yang landai.

pantai muara beting
Pic. courtesy of http://jalan-jalanindonesiaindah.blogspot.co.id

Selain pemandangan pantai, Anda pun dapat menemukan area konservasi hutan bakau dengan luas sekitar 70 hektar di wilayah ini. Hutan bakau yang di lindungi ini menjadi rumah bagi beberapa jenis burung dan lutung hitam yang merupakan hewan langka.

.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Bekasi, seperti Bumi Perkemahan Karang Kitri, Hutan Kota, Saung  Ranggon, Waterboom Lippo Cikarang, Go Wet, dan masih banyak lagi. Bagaimana, cukup banyak bukan tempat wisata yang ada di Bekasi? Jika Anda sedang ingin berakhir pekan atau berkunjung ke wilayah Bekasi, beberapa tempat wisata diatas bisa menjadi pilihan lho. Selamat berwisata.

.

Regards,

sans-sign

di bekasi

14 thoughts on “Tempat Wisata yang Menarik di Bekasi”

  1. Wisata Rumah Pohon di Jatiasih itu kayaknya udah nggak ada deh, Sandrine
    pernah ke sini waktu anak2 masih balita,
    belum lama lewat lagi di situ lokasi bagian depannya udah jadi ruko

  2. duhh gw malu jadi anak bekasi karena belum pernah ke area wisata ini..makasih mbakk infonya cocok buat saya yang lg nyari tmpt wisata hijau selain mall di Bekasi :D…yg wisata sarang buaya kayaknya menarik yaa hehehehe

Leave your footprint here ... :)

%d bloggers like this: