Ngeblog Kapan Saja Dimana Saja

Pasti banyak yang bertanya-tanya, sebagai ibu baru yang lagi repot-repotnya mengasuh bayi baru lahir kok bisa posting di blog sendiri hampir tiap dua hari sekali? Jawabannya saya menggunakan gadget saya. Seluruh postingan yang saya tulis sesudah melahirkan dihasilkan dengan menggunakan smartphone dan tablet. Tidak ada satupun yang menggunakan laptop. Mengapa? Karena sambil menjaga bayi tentu tidak fleksibel jika menggunakan layar sebesar 14inch yang lengkap dengan tuts keyboard. Apalagi kamar saya sendiri sepenuhnya didedikasikan untuk dedek bayi. Sudah tidak ada meja belajar dan tempat tidur berubah jadi arena bermain dedek bayi. Dengan menggunakan gadget yang saya miliki, ngeblog bisa saya lakukan kapan saja dan dimana saja.

ngeblog

Mostly kegiatan ini saya lakukan saat begadang ketika si bayi tidur sejenak sebelum bangun lagi minta mimik ataupun minta popoknya diganti. Terus saya nggak tidur?? Tentu tidur dong. Siang hingga hampir tengah malam ketika dedek bobo, saya juga ikutan bobo. Lumayanlah kalau bisa bobo dua jam hampir tiga kali sebelum tengah malam. Itu sudah merecharge tenaga saya walau masih belum terbiasa. Maklum sejak bekerja saya sudah tidak kuat begadang. Jam sebelas malam mata sudah lima watt walau subuh saya sudah terbangun. Kelahiran dedek bayi di bulan pertamanya ini cukup menjungkir balik waktu tidur dan kerap bikin kepala pusing secara harafiah.

Memang saya tergolong beruntung karena saya masih tinggal di rumah mertua karena urusan masak-memasak masih di pegang mertua saya. Saya hanya ribet dengan mencuci baju, beres-beres kamar sendiri, nyapu dan ngepel (kalo bayi rewel akhirnya cuman setengah jalan dan dilanjutkan adik ipar), kadang menyetrika kalau bayi nggak rewel (kalo rewel akhirnya ibu mertua juga yang bantu menyetrika). Saya benar-benar tidak bisa membayangkan kalau tidak ada yang membantu saya. Saya sangat salut dengan ibu-ibu muda diluar sana yang berjuang sendirian mengatur rumah tangganya.

Balik lagi ke urusan posting melalui gadget. Sebenarnya dengan aplikasi untuk gadget yang sudah makin mumpuni milik wordpress ini justru makin memudahkan untuk posting di blog. Kadang kurang nyaman juga kalau mengetik dengan dua jempol saja. Masih lebih cepat dengan menggunakan sepuluh jari diatas keyboard. Kalau membuat tutorial dengan menggunakan gambar-gambar juga masih kurang nyaman. Tapi kalau dibiasakan siyh mungkin bisa namun agak lama.

Postingan yang saya lakukan dari gadget memang dititikberatkan pada konten tapi jeleknya saya jadi malas untuk proofread. Wekekek ya jelas lah saya nggak edit lagi. Curi-curi waktu untuk posting saja susahnya minta ampun :D. Apalagi niyh ya karena istirahat yang kurang berkualitas membuat konsentrasi agak menurun dan kebingungan sendiri merangkai kata-kata. Tapi kalau tidak dipaksakan dan dilatih bisa-bisa semangat ngeblog akan menguap lagi. Dulu saya memang kurang suka posting lewat gadget karena kesannya kekecilan dan lama kalau hanya pakai jempol. Tapi sekarang nggak ada alasan lagi untuk nggak ngeblog. Tablet yang berukuran 8 inch bisa diketik layaknya menggunakan keyboard jadi tetap cepat untuk update dan bisa dilakukan waktu sambil nyemil, ngejagain dedek tidur, begadang, atau kalau canggih sambil makan. Bahkan saya sempat ingin beli flexible keyboard supaya ngetiknya lebih nyaman. Tapi belum kesampaian. Ada yang mau beliin?? 😀

Tidak semua orang nyaman menggunakan gadget saat membuat tulisan. Itu balik ke pilihan masing-masing. Bagi saya saat ini nggak ada alasan lagi untuk absen dari dunia blogging. Walau cuman posting sekali seminggu minimal selalu diusahakan. Namun tetap anak dan keluarga adalah prioritas.

Regards,

sans-sign

31 comments on “Ngeblog Kapan Saja Dimana Saja

  1. Mantap nih Mom, semangat banged ngeblog. Meskipun saye udah ngeblog sejak tahun 2009, sepertinya belum pernah buat postingan pake smartphone atau tablet. Benar2 luar biasa motivasinya, pertahankan itu Mak… I’ll proud of You.

  2. jadi ingat waktu anak2 masih bayi, ga sempat juga utk ngapa2in..sekarng udah makin besar udah main bisa terampil mengatur waktu harusnya, ah mau semangat kayak mba 🙂

    1. Xixixi saya pun masih serabutan juga nyari waktunya. Beruntungnya saya ada yang bantuin ngasuh dedek bayi. Masih tinggal dirumah mertua soalnya. Kalau sendirian pasti sama sekali nggak kepegang deh ini blognya. 😀

  3. hihii aku jugaaa pake tab ditambahin keyboard kalo posting 😀
    tapi belakangan suka lemot nih tab-nya, kayaknya harus apus2 beberapa foto dan aplikasi deh

    1. Paling nyebelin memang kalo udah lemot… Suka crash sendiri app nya. Jadi deg2an takut nulis panjang lebar hilang gitu aja. Tapi namanya juga tab ya, ruang terbatas tapi pengen diisi banyak banget kayak laptop 😀

Leave your footprint here ... :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: